FPI Gelar Takbiran Keliling Jakarta, Ini Rutenya

0
228

Front Pembela Islam (FPI) malam ini akan menggelar acara takbiran keliling. Seorang pengurus Laskar Pembela Islam (LPI), Narto mengatakan, sekitar pukul 20.00 WIB para anggota FPI akan memulai acara takbiran keliling dimulai dari Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Dia juga mengatakan, Ketua DPP FPI Muchsin Alatas kemungkinan turut hadir dalam acara takbir keliling tersebut. “Kemungkinan besar ketua DPP ikut hadir,” kata Narto ketika di temui di depan sekretariat FPI, Jalan Petamburan, Jakarta Pusat.

Narto yang bertugas sebagai petugas laskar FPI mengatakan, anggota FPI yang lain juga akan bertemu di beberapa titik. Menurut dia, banyak anggota FPI dari wilayah Depok akan bertemu di Cawang.

“Ketemu enggak wajib di sini. Bisa bertemu di jalur-jalur pertemuaan. DPC Jakarta lumayan banyak,” kata dia.

Dia mengatakan, para anggota FPI akan menggunakan motor, dan mobil pikap untuk berkeliling mengumandangkan takbir. Tidak hanya itu, kurang lebih ada 10 ribu pengamanan dari anggota LPI.

“Kita enggak bawa beduk cuma bawa satu soundsystem,” ungkap dia.

Dia juga mengatakan, FPI akan mengelilingi rute dari Petamburan, Slipi, Cawang, Otista, Kampung Melayu, Senen, Gunung Sahari, Mangga Dua, Kota, Glodok, Harmoni, Hasyim Ashari, Tomang, Slipi.

“Nah nanti balik lagi ke Petamburan,” kata dia.

Dari pantauan merdeka.com, sekitar pukul 19.39 WIB sudah beberapa anggota FPI dan LPI berkumpul di depan kantor sekretariat. Mereka mengenakan pakaian serba putih.

Sementara itu, Polda Metro Jaya telah melarang untuk warga melakukan takbir keliling. Sebab, takbiran keliling dikhawatirkan memicu terjadinya pelanggaran lalu lintas dan tawuran.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Iwan Setiawan memerintahkan anak buahnya agar mencegah peserta takbir keliling dari wilayah lain yang hendak masuk ke wilayah hukumnya. Dia meminta anak buahnya tidak segan-segan menindak tegas peserta takbir keliling yang melakukan pelanggaran dan membandel.

Perintah ini menyikapi rencana Laskar Pembela Islam (LPI) dan Front Pembela Islam (FPI) yang bakal melakukan takbir keliling Jakarta malam ini. “Saya akan sekat jangan sampai masuk ke wilayah Jakarta Selatan, jangan sampai numpuk kalau numpuk susah kita lakukan pengamanan,” tegas Kapolres Iwan.

“Kita akan sekat, tidak boleh masuk. Kita akan tindak tegas jika masih ada yang masuk, tegas saja, kita amankan,” tambahnya.

Berikan Komentarmu