Ketua MPR: Tinggalkan Jauh-Jauh Perbedaan Apalagi Soal Pilkada

0
169

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan hari raya idul fitri merupakan momen yang tepat untuk kembali meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Mengingat beberapa waktu yang lalu, tensi politik cukup tinggi saat pagelaran pilkada di Indonesia.

“Sudah, kita tinggalkan jauh-jauh itu perbedaan apalagi soal pilkada. Persatuan yang utama, kita ini saudara sebangsa, saudara setanah air, sesama manusia saling menghormati dan mencintai mari kita buat damai Indonesia,” ujar Zulkifli saat melakukan open house di Kediamannya, Jakarta.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menambahkan, bulan Ramadan tidak hanya mengajarkan menahan diri dari godaan makanan dan minuman. Namun, bulan Ramadan juga mengajarkan untuk mampu mengubah perilaku buruk.

“Yang pertama kita dilatih untuk tidak melakukan yang halal seperti makan minum. Kita juga dilatih untuk tidak melakukan yang haram-haram, seperti korupsi, memfitnah, menyebar hoax dan menyakiti orang lain enggak boleh,” jelasnya.

Selain manahan rasa lapar dan mengubah pola perilaku buruk, bulan Ramadan juga merupakan aaat yang tepat untuk meningkatkan kepekaan terhadap saudara-saudara yang hidupnya kurang beruntung.

“Yang kedua kita dilatih lapar haus agar ada kepekaan sosial. Jadi kita mesti ada rasa prihatin, kalau ada saudara kita yang kurang beruntung hidupnya. Ada kepekaan sosial. Oleh karena itu kita syukuri hari ini agar kita kembali setelah mampu melatih diri,” pungkasnya.

Di acara open house tersebut, hadir beberapa pejabat negara seperti Gubernur terpilih 2017-2022 Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno, Menteri Perdangangan Enggartiasto Lukita, Menteri ESDM Ignatius Jonan, Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar, Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie dan Mantan Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Tidak hanya pejabat negara, berbagai perwakilan negara-negara sahabat luar negeri juga ikut hadir seperti perwakilan dari Norwegia, Sudan, Iran, Malaysia, Singapura dan para Duta besar negara sahabat lainnya.

Berikan Komentarmu