Keliling Candi Borobudur Selama 30 Menit, Obama: Indah Dan Damai

0
216

Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi liburan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama di Indonesia. Barack ditemani oleh Humas Balai Konservasi Candi Borobudur Magelang, Mura Astina saat mengelilingi candi yang dibangun pada masa kerajaan Dinasti Syailendra tersebut.

“Tadi waktu naik ke atas, Presiden Amerika ke-44 Barack Obama ke sini, beliau saya jelaskan secara umum, bagaimana dan dibangun oleh siapa dan sedikit biografi Budha. Pak Obama tidak terpisah dari saya dan paling antusias beliau. Beliau sangat terkesan takjub dan mengaguminya,” ujar Mura Astina usai kunjungan Obama.

Mura menuturkan, Obama terpana saat candi tersebut terbuat dari 2 juta batu disusun sehingga membentuk candi sangat megah. Selain candi, lanjut Mura, Obama juga kagum dengan keindahan alam dan panorama sekitar candi terbentang hamparan Bukit Menoreh itu.

“Apalagi beliau menilai kehebatan candi Borobudur dengan struktur candi, 2 juta batu tertata saling mengunci di atas bukit dan bertahan dari tetesan air. Serta mengagumi alam sekitar Candi Borobudur Magelang yang sangat bagus,” terangnya.

Bahkan, Mura menyatakan jika usai mendengar penjelasan darinya, Obama langsung menyampaikan apresiasinya melalui tiga kata-kata yang keluar dari ucapannya; sungguh indah, damai dan peacefull.

“Sekitar 30 menit dia naik dan turun dari atas candi. Saya jelaskan seputar Candi Borobudur dibangun berapa lama? Oleh berapa orang? Beliau berkomentar; Ini sungguh indah dan damai, peacefull,” ungkapnya.

Mura juga sempat menceritakan tentang mitos, jika pengunjung berhasil memegang salah satu patung di dalam stupa maka hidupnya akan ditinggikan derajatnya. Namun, saat ini mitos memegang patung itu kini sudah dilarang.

“Memang dulu ada mitos jika memegang patung akan menjadi mulai dan tinggi derajatnya. Namun, sekarang tidak diperbolehkan karena terkait perlindungan dan kelestarian batu candi. Bahkan saat saya cerita ada anak kecil kepalanya masuk ke lubang stupa candi, mereka tertawa mendengarkan itu,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Obama pun bersama keluarganya sempat mengabadikan gambar, berfoto bersama keluarga di Lantai 7 Candi Borobudur Magelang, yang berlatar belakang keindahan panorama Bukit Menoreh.

“Foto di pojok lantai 7 dengan sendirinya, foto dengan latar belakang Bukit menoreh. Tepatnya di sisi tengah barat. Dilatar belakang Bukit Menoreh foto bersama anak ke 2-nya dan adik tirinya, suami Maya Sutoro,” ungkapnya.

Mura mengaku sangat senang bisa menjadi pendamping Obama selama berkunjung, berkeliling di candi Borobudur ini. Bahkan, dirinya sempat diajak foto bareng bersama Obama sebelum bertolak menyudahi kunjunganya di Candi Borobudur Magelang ini.

“Senang sambil deg-degan takut salah. Dia ngajak foto bareng, saya cerita tentang saya. Saya dulu tukang sapu, satpam dan lainnya. Perbedaan, pengamananya, kali ini super ketat. Saya juga sempat grogi antara atur nafas dan atur cerita ada sedikit meleset kata-kata,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu