Sosok Obama Di Mata Anies Baswedan, Rileks Dan Pandai Berkata-Kata

0
82

Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama tengah berlibur ke Indonesia. Politisi Partai Demokrat AS ini juga sempat mengunjungi Kota Bali, Yogyakarta, Magelang dan kini Jakarta.

Di DKI Jakarta, Obama menyempatkan diri untuk menyampaikan pidatonya di acara Congress Indonesia Diaspora ke-4 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7). Acara itu dihadiri oleh para pejabat negara termasuk Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Rasyid Baswedan.

Setelah mendengar dan berbincang dengan Obama, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menilai Obama sebagai sosok yang rileks dan pandai berbahasa.

“Obama ini menarik karena rileks. Dia seorang yang membuat kita menghormati kata-kata. Karena kekuatan Obama itu ada pada kata-katanya,” kata Anies di Mall Kota Kasablaka, Jakarta Selatan, Sabtu (1/7) kemarin.

Menurutnya, kata-kata yang disampaikan Obama itu bisa menginspirasi. “Kata-kata dari obama itu yang kemudian bisa menggerakkan bisa menginspirasi dan itu terjadi pola pikir yang baik, artikulasi yang baik,” ungkapnya.

Selain rileks dan pandai berbahasa, Anies juga mengatakan bahwa Obama terbiasa bekerja sama dengan orang lain. Serta bisa menghadapi segala macam situasi dengan tenang dan juga stabil.

“Beliau tadi jelaskan bahwa di usia 21 ketika mulai tumbuh berkembang sudah terbiasa bekerja kolegial, bekerja bersama, bukan kerja sendirian tapi kerja bersama kelompok, dan tenang. Dan beliau tadi sampaikan dalam situasi apapun, tetep cool tenang, stabil kalau istilah saya,” pungkasnya.

Dalam pertemuannya dengan mantan orang nomor satu di AS tersebut, diketahui Anies sempat mengungkapkan rencananya untuk mengurangi ketimpangan di DKI Jakarta. Nyatanya hal itu juga didukung oleh Obama.

“Iya beliau bilang betul (mengurangi ketimpangan dan mempertahankan kebhinekaan) dan menurut Pak Obama itu enggak bisa sendiri-sendiri dua-duanya harus bersamaan. Dan saya apresiasi saran itu dan kita enggak bisa berjalan satu saja harus dua-duanya tadi tanggapan beliau begitu,” ucap Anies.

Berikan Komentarmu