Demokrat: Tambahan Dana Parpol Bukan Buat Beli Mobil & Bangun Gedung

0
209

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menilai kenaikan Dana Bantuan Partai Politik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara akan memberikan kemudahan bagi Partai Politik menjalankan program pengembangan kaderisasi.

Dia mengingatkan, kenaikan dana bantuan hanya untuk urusan kaderisasi. Partai Politik tak boleh menggunakan untuk kepentingan lain di luar itu. Sebab, dana itu nantinya akan diaudit.

“Jadi kalau untuk beli mobil tidak boleh, beli gedung enggak boleh. Jadi dikhususkan untuk pembinaan,” ujarnya.

Lebih jauh, Wakil Ketua DPR ini menjelaskan, dana bagi partai politik wajib diaudit agar tidak terjadi penyimpangan dalam penggunaannya.

“Dana ini auditable, jadi harus diaudit oleh lembaga auditor independen dan disampaikan ke KPU dan tentunya bisa dilihat di website,” ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri sebelumnya (Kemendagri) mengajukan kenaikan anggaran untuk parpol yang lolos ambang batas parlemen Rp 5.400 per suara. Namun, Kementerian Kuangan hanya menyetujui Rp 1.000.

Seiring dengan hal itu Kementerian Dalam Negeri melakukan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Partai Politik.

Berikan Komentarmu