Ini Alasan Jokowi Ingin Pindahkan Ibu Kota Dari Jakarta

0
160

Pemerintah serius ingin memindahkan ibu kota Republik Indonesia dari Jakarta. Pemindahan ibu kota rencananya mulai dilakukan pada 2018 mendatang. Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki mengatakan Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan idenya untuk memindahkan ibu kota karena beberapa alasan.

“Karena pengalaman beliau (jadi Gubernur) di DKI. Beliau menyampaikan susah sekali membenahi kota Jakarta ini. Ongkos terlalu mahal, bukan hanya biaya ya, tapi ongkos politik, ongkos sosial,” ujar Teten di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain kesulitan membenahi Jakarta, ide pemindahan ibu kota muncul guna melakukan pemerataan pembangunan industri. Upaya ini juga mencontoh dari sejumlah negara yang memindahkan ibu kota negaranya.

“Dan di banyak negara memang dipisahkan kota industri dagang dengan kota pemerintahan,” tukas Teten.

Dia menyebut sejumlah negara yang memindahkan ibu kota negaranya adalah Brasil. Brasil memindahkan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Selain itu, ada juga Australia. Australia memindahkan ibu kota dari Melbourne ke Canberra.

Teten belum bisa memastikan kawasan mana yang akan dijadikan ibu kota baru. Sebab, sejauh ini pemerintah masih terus mencari lokasi yang tepat. Dia hanya menyinggung, Kalimantan adalah salah satu wilayah yang cukup strategis untuk dijadikan ibu kota negara.

“Ada banyak alternatif misalnya Kalimantan, daerahnya masih luas tidak ada gempa. Saya kira bagus,” kata dia.

Terkait anggaran pemindahan ibu kota, diprediksi menggunakan anggaran swasta atau di luar Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). “Bisa di luar APBN,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu