Tiga Resep Jitu Megawati Untuk Jadi Pemimpin

0
116

Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden bidang Pemantapan Ideologi Pancasila Megawati Soekarnoputri mengatakan, Pancasila adalah modal bagi seseorang untuk menjadi pemimpin. Selain itu, ada tiga resep lain yang bisa dijadikan rujukan menjadi pemimpin.

“Saya memberikan resep. Mungkin ada gunanya karena begitulah saya menyemangati diri sendiri. Tiga resep itu adalah pertama musti punya daya tarik dong,” ucap Megawati saat memberikan sambutan dalam acara Peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Nah, kalau sudah cantik, sudah keren itu kan ya tolong jadi kan mejeng gitu toh. Tapi banyak juga yang sudah ganteng saya lihat aduh rambut panjang segini pakai celana sobek-sobek, saya terus pikir ya mbok kalau sudah ganteng sisiran yang bagus,” sambungnya.

Resep kedua untuk jadi pemimpin adalah pintar. Kepintaran akan mendorong pemimpin membangun rasa percaya diri rakyatnya.

“Pemimpin harus bisa membuat rakyat merasa mampu membangunkan rasa percaya diri untuk mencapai cita-cita bersama,” ucapnya.

Resep terakhir, calon pemimpin harus bisa menanamkan kemauan kepada rakyat. Setelah kemauan dalam diri rakyat terbangun maka seluruh program yang akan dijalankan bisa diselesaikan secara bersama.

“Satukan ketiga cara tersebut sebagai syarat (jadi pemimpin). Saya jamin kalian akan bisa menggerakkan massa menjadi bintang penuntun yang dinamis, pemimpin yang menjadi bintang penuntun bagi rakyatnya,” pungkas Megawati.

Berikan Komentarmu