Soal Dukungan Pilgub Jabar, Ridwan Kamil: PKB Sudah Final, PPP Sebentar Lagi

0
124

Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, komunikasi yang dijalin dengan sejumlah partai politik membahas Pemilihan Gubernur Jawa Barat tahun 2018 berlangsung memuaskan. Dia mengatakan, hampir pasti dua partai politik, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ikut mendukungnya.

“PKB sudah final, PPP sebentar lagi, kalau itu jadi genap sudah 20 (kursi),” katanya ditemui usai jumpa pers Karnaval Kemerdekaan di Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Wali Kota Bandung itu menjelaskan, PKB hampir pasti mendukungnya karena partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu telah mengerucutkan sejumlah nama menjadi satu nama, yaitu dirinya.

“Ya final itu artinya sudah mengerucut dan pembahasan di DPP lah kira-kira,” tukasnya.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, partai politik yang belum menentukan sikap dalam Pilgub akan menentukan calon pada satu atau dua minggu ke depan. Dia lantas mengatakan, bakal ada ‘Breaking News’ terkait dukung mendukung dalam Pilgub khususnya untuk mendukung dirinya.

“Semua kan rata-rata mengambil keputusan dalam seminggu-dua minggu ini sehingga banyak ‘breaking news’ terkait koalisi. Mudah-mudahan menghasilkan koalisi 20 kursi,” ujarnya.

Suara 20 kursi di DPRD merupakan syarat untuk mengusung calon dalam pemilihan gubernur. Sampai saat ini, baru Partai NasDem yang telah resmi menyatakan akan mengusung Ridwan Kamil. Sementara itu, Partai Gerindra dan PKS hampir pasti bakal mengusung Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu di Pilgub Jawa Barat.

Di sisi lain, Golkar dan PDIP juga sepakat koalisi mengusung Dedi Mulyadi. Soal wakil, PDIP dikabarkan tinggal memilih antara TB Hasanuddin atau Puti Guntur Soekarno.

Berikan Komentarmu