Jokowi Tegaskan Perlu Aksi Nyata Soal Rohingya, Tidak Hanya Kecaman

0
167

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam aksi kekerasan terhadap warga Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Jokowi telah memerintahkan Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi untuk bertemu dengan otoritas Myanmar agar kekerasan ini dihentikan.

“Kekerasan, krisis kemanusiaan ini harus segera dihentikan,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta.

Selain melakukan kecaman, Jokowi menegaskan pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan terhadap etnis Rohingya. Dalam kurun waktu Januari dan Februari lalu, pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan berupa makanan dan obat-obatan.

“Pemerintah sudah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan ini di bulan Januari dan Februari sebanyak sepuluh kontainer, juga telah membangun sekolah di Rakhine State,” tegasnya.

Untuk menghentikan aksi kekerasan, Jokowi mengingatkan perlunya aksi nyata bukan hanya sekedar melontarkan kecaman. Untuk itu, Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi diutus untuk menemui Menteri Luar Negeri Myanmar Daw Aung San Suu Kyi.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia, kita menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Rakhine State, Myanmar, perlu sebuah aksi nyata tidak hanya kecaman-kecaman dan pemerintah berkomitmen terus membantu mengatasi krisis kemanusiaan, bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil di Indonesia dan masyarakat internasional,” ujarnya.

Berikan Komentarmu