Kapolri Tito: Saracen Sudah Eksis Sejak Pilpres 2014 & Pilgub

0
170

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut kelompok jaringan penebar ujaran kebencian dan konten SARA yaitu Saracen sudah mulai eksis pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Selain eksis di Pilpres, Saracen juga sudah tampil pada Pemilihan Gubernur (Pilgub).

Saat ini, polisi sudah menangkap dan menahan empat orang tersangka terkait Saracen. Empat orang tersebut yakni JAS yang sebagai ketua, MAH sebagai pendiri Saracen, MFT sebagai Koordinator Bidang Media dan Informasi dan SRN turut serta menyebarkan konten kebencian.

“Dia sudah eksis sewaktu pilpres sudah eksis. Pilkada Gubernur juga grup ini ada yang aktif juga,” kata Tito usai memimpin sertijab Pati Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Meski Saracen sudah lama eksis, sampai saat pihaknya belum bisa mendapatkan bukti yang kuat untuk mengarah kepada pengguna jasa Saracen. Kendati demikian, Tito secara tegas pihaknya akan menjerat pihak pemesan atau pengguna jasa Saracen tersebut jika ditemukan bukti yang cukup.

“Belum nyampe ke sana. Yang jelas kalau ada fakta hukum keterlibatan UU ITE, siapa pun pasti diproses,” ujarnya.

Mantan Kepala BNPT itupun menegaskan kepada anak buahnya untuk segera tangkap para pemesan dan juga yang memberikan dana kepada Saracen untuk melakukan ujaran kebencian dan Konten SARA.

“Saya sampaikan tangkap-tangkapi saja. Yang mesan tangkapi, yang danai tangkapi, ada lagi sejenis dengan itu tangkapi,” pungkasnya.

Berikan Komentarmu