Resepsi Pernikahan Kahiyang Berkonsep Tradisional Jawa

0
102

Anak kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu (26) akan menikah dengan pria asal Medan, Bobby Nasution (26) Rabu, 8 November 2017. Dalam resepsi pernikahan yang akan dihelat di gedung Grha Sabha Buana tersebut, kedua mempelai dipastikan akan mempergunakan adat Jawa Solo.

Gibran Rakabuming, sang kakak yang menjadi juru bicara keluarga maupun Kahiyang tak banyak membeberkan tentang konsep dalam pernikahan tersebut. Demikian juga juga Ibu Negara Iriana, masih merahasiakan pakaian kebesaran adat Jawa yang akan dikenakan oleh mempelai maupun keluarga.

“Konsepnya tradisional Jawa kompletan. Yang di Solo tradisional Jawa. Selasa ada siraman, dari calon pengantin pria juga ada siraman nanti di Solo,” ujar Gibran saat konferensi pers di kediaman pribadi Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo.

Terkait kemungkinan adanya akulturasi budaya Batak asal penganten putra dalam pesta resepsi di Solo, Gibran memastikan tidak ada. Di Grha Sabha hanya akan menggunakan adat Jawa.

“Yang lebih tahu Ayang (Kahiyang) itu. Tapi untuk di Solo tradisional Jawa. Ya itu tadi seperti yang saya katakan, Selasa ada siraman dan midodareni. Rabu pagi akad nikah dan langsung dilanjutkan resepsi,” jelas Gibran.

Lebih lanjut Gibran mengatakan, saat resepsi nanti, keluarga penganten putri dan putra akan berjalan kaki menuju ke lokasi perjamuan. Seperti diketahui, jarak kediaman pribadi presiden menuju gedung Grha Sabha Buana hanya sekitar 200 meter.

“Tidak ada kirab, kita akan jalan kaki dari rumah ke gedung. Dulu saya kan juga jalan kaki,” ungkap Gibran.

Berikan Komentarmu