JK-Anies ‘Luntang-lantung’ Semobil, Menuju Pilpres?

0
81
Anies
Anies

Kemesraan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ditunjukkan dalam berbagai kesempatan. Spekulasi JK dan Anies dalam pusaran Pilpres 2019 bermunculan.

Dalam sepekan terakhir, setidaknya ada tiga momen di mana JK dan Anies terlihat bersama-sama. Pertama, saat JK-Anies meninjau venue Asian Games di arena BMX International Race, Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (29/6). JK turut mengantar ke Balai Kota DKI Jakarta.

Baca juga : Indojudi69 Situs Agensi Judi Online Terpercaya

Momen selanjutnya di mana JK-Anies semobil menghadiri acara PBNU, Selasa (3/7) dan PP Muhammadiyah, Rabu (4/7). PPP menilai kedekatan ‘luntang-lantung’ tak mengejutkan.

“Saya kira kan begini, itu sejak sebelum jadi gubernur memang dekat dengan JK. Jadi kalau kemudian buat saya atau PPP kemudian JK sekarang luntang-lantung sama Pak Anies itu bukan sesuatu yang mengejutkan karena memang hubungan juga lama,” kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Baik JK ataupun digadang-gadang akan terlibat dalam Pilpres 2019. PKS menduga bakal capres petahana Joko Widodo (Jokowi) meminta JK melobi Anies sebagai cawapresnya.

Jokowi minta sama JK untuk dapat melobi Anies untuk bersama dia nanti di pilpres. Kan bisa jadi seperti itu,” ujar politikus PKS Nasir Djamil di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Sementara itu, Hanura JK memiliki peran untuk melobi duet dengan Ketua Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat (PD), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dugaan itu berdasarkan pertemuan JK dengan Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

“Jangan-jangan JK diminta (SBY) jadi mak comblang untuk mengawinkan dengan AHY,” kata Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir

Manuver JK di Pilpres masih menjadi tanda tanya setelah tidak bisa jadi cawapres kembali, berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi. Namun ia masih bisa menjadi capres, king maker, atau timses salah satu capres.

JK sempat disebut-sebut berduet dengan AHY di Pilpres. Terkait wacana tersebut, Ketua Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi mengungkap JK menolak duet bareng AHY.

“Dia sudah tolak, dia nggak mau, sudah kasih tahu ke Demokrat dia tidak bisa lagi,” kata Sofjan di Kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (4/7).

Sementara Anies berpeluang menjadi capres atau cawapres. Setelah mengaku ingin fokus mengurus Jakarta, kini ia enggan berkomentar ditanya pencapresannya.

Berikan Komentarmu